4 Tips Merawat Bunga agar Tahan Lama!

WhatsApp Image 2023-07-28 at 09.58.23

1. Tempatkan di wadah yang bersih

Cara agar bouquet bunga tidak cepat layu bisa disiapkan dengan menyiapkan wadah atau vas bunga bersih. Adanya mikroorganisme di wadah yang kurang bersih justru memicu pembusukan pada bunga. Lebih baik, pilihlah wadah yang berleher lebar supaya bagian batang tidak terlalu erat sebagai cara merawat bouquet bunga asli.

2. Simpan dalam suhu normal dan konstan

Cara agar bouquet bunga tidak cepat layu sebaiknya disimpan dalam suhu normal dan tidak drastis. Misalnya, untuk pemakaian tertentu (terutama hiasan tata rias), terkadang bunga disimpan dalam lemari es. Cara menyimpan bouquet bunga ini keliru dan bisa membuat bunga layu dan tidak tahan lama, karena suhu berubah drastis saat bunga dikeluarkan dari lemari es dan disimpan dalam suhu ruangan. Simpan bunga dalam suhu 7-10 derajat Celsius atau 15-17 derajat Celcius

3. Hindari dari sinar matahari langsung

Terkena sinar matahari langsung sebenarnya baik bagi tanaman. Tapi, ada beberapa jenis bunga yang tak bisa langsung terkena cahaya ini. Untuk itu, sebaiknya kamu coba cari tempat meletakkan buket bunga yang nggak tersentuh sinar matahari secara langsung. Begitupun ketika kamu ingin menyemprotkan dengan air – yakni disarankan untuk tidak secara langsung. Jika dipaksakan, maka buket bunga kamu cepat layu.

4. Rutin mengganti air

Cara agar bouquet bunga tidak cepat layu selanjutnya adalah jangan lupa untuk rajin mengganti airnya setiap hari dan ganti vas jika perlu. Air yang tergenang mudah dipakai oleh bakteri, jamur dan alga untuk bersarang dan berkembangbiak. Selain itu potong tangkai bunga 1 cm setiap hari supaya kesegaran bunga tetap terjaga.

1 thought on “4 Tips Merawat Bunga agar Tahan Lama!”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart